SIMATIC IOT2040 dari Siemens untuk Solusi Dunia Industri

MEDITANEWS – Siemens Indonesia tawarkan gateway cerdas SIMATIC IOT2040 untuk solusi dunia industri.  SIMATIC IOT2040 adalah platform andal dan terbuka untuk pengumpulan, konversi, dan pengiriman data di lingkungan pabrik.

Dapat menjadi gateway antara otomasi pabrik dan teknologi informasi. Peralatan yang didesain dengan harga menarik dan telah teruji dilingkungan industri serta memiliki kualitas SIMATIC terbaik.

 

Era Internet of Things (IOT) adalah ketika semua peralatan dan perangkat dapat saling terhubung, tak hanya membentuk bagaimana cara manusia hidup namun juga dalam memproduksi barang. Dalam rangka mendukung dunia industri memasuki era digital ini, Siemens Indonesia meluncurkan intelligent gateway untuk solusi industrial yang akan meningkatkan interkoneksi dan komunikasi data antara proses otomasi dan teknologi informasi yang diberi nama SIMATIC IOT2040.

“Melalui SIMATIC IOT2040, kami ingin memperkenalkan inovasi terbaru dari Siemens yang bisa mendukung berbagai macam industri di Indonesia. Saat ini dunia industri menghadapi tantangan bagaimana menghubungkan data, mengirimkan data, memantau data, serta menganalisis data. Inovasi kami membantu industri bisa lebih efisien dalam setiap aktivitas produksinya,” kata

Pascal Dricot, Head of Factory Automation, PT Siemens Indonesia.

Industri global memasuki era baru yang dikenal sebagai Industri 4.0 yang corak utamanya adalah digitalisasi manufaktur yang didorong oleh kemajuan teknologi seperti analisis big data, cloud computing, dan koneksi intensif antara manusia dan mesin. Tren terkini dan pertukaran data ini bermuara pada terciptanya “smart factory”. Di dalam struktur modular smart factory tersebut, sistem cyber physical dapat memantau proses produksi, menciptakan tiruan virtual dari wujud fisik dan mendorong pengambilan keputusan yang terdesentralisasi.

Keunggulan utama SIMATIC IOT2040 adalah menjadi platform andal dan terbuka untuk pengumpulan, pemrosesan, dan pengiriman data di lingkungan produksi industri. Produk ini sangat sesuai untuk menjalankan peran sebagai gateway antara computing cloud atau bagian teknologi informasi perusahaan dan bagian produksi di pabrik. Perannya sebagai penghubung bisa digunakan untuk komunikasi dua arah, sekaligus mengirimkan data yang sudah dianalisis dari computing cloud ke bagian kendali produksi. Komunikasi data yang terus menerus seperti ini akan mendorong optimalisasi produksi dalam siklus kendali yang tertutup. Sedangkan, sifat keterbukaan sistemnya dalam mendukung berbagai protokol komunikasi dan pemrograman dalam bahasa tingkat tinggi memudahkan dalam penyesuaian solusi.

Salah satu contoh pemanfaatannya adalah dalam perawatan mesin secara preventif berdasarkan deteksi dini pada munculnya tanda-tanda awal keausan yang didapatkan dari hasil evaluasi indikator-indikator relevan. SIMATIC IOT2040 mengumpulkan, menyimpan, dan mengomunikasikan data ke perangkat analisis berbasis cloud sehingga memungkinkan terwujudnya konsep perawatan preventif – bisa juga diterapkan untuk pabrik yang sudah berdiri. Dengan demikian, kerugian besar akibat terhentinya operasional pabrik dapat diminimalisasi secara efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.