Guyonan yang Tidak Lucu

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Seorang mantan jurnalis perempuan yang kini tinggal di negeri seberang menuliskan satu tulisann yang mengugah, cerdas, dan piawai.  Kami mengutipnya dengan tanpa suntingan. Ini perlu diketahui karena ada yang menarik dibalik guyonan yang tidak lucu. Selamat membaca.
MEDITANEWS – Pernyataan terkait rasa kecewa atas sedikitnya nilai investasi yg berhasil diperoleh, padahal sudah bersusah payah turut memayungi si pemilik uang, ternyata telah go viral kelas dunia.
Saya kira, saat mendengar berita yg ‘mendunia’ ini, hanyalah hoax. Saking penasarannya, saya telusuri dunia maya, check recheck. Ternyata, benar adanya dan sudah di share lebih dari 2.400 kali oleh netizen.
Semuanya, berawal dari seorang pria berkewarganegaraan asing memposting sebuah berita yang terkait hal tersebut di laman pribadinya. Sumber beritanya berasal dari situs media online berbahasa Inggris ternama di Indonesia. Pria inipun tampaknya tokoh terpandang di negara tempat dia berdomisili saat ini dan di negara asalnya. Akunnya pun terverified, dan ada centang biru.
Komentar kekecewaan dan malu mendominasi kolom komentar di timeline postingan tersebut.

Sekalipun sudah diralat kalau pernyataan itu hanyalah sebuah guyonan, tetapi tetaplah tidak ada gunanya ralat itu. Karena, seharusnya si pemilik ‘guyonan yang tidak lucu’ itu tahu dan sadar kalau ucapannya itu, apapun itu, bisa menjadi bumerang atau penyelamat. Lisan manusia biasa saja harus dijaga, apalagi lisan untuk sosok seperti dia.

Sayapun hanya dapat tertunduk malu, semalu-malunya. Bakal susah menegakkan muka dengan bangga kembali. Khususnya, untuk saya yang hidup di negeri orang. Di sebuah negeri yang akses informasinya tanpa batas. Mau menjawab apa jika ditanya oleh kawan-kawan asing yg mengenal atau mau tahu atau concern dengan Tanah Airku? Jika saya ditanya tentang sosok dia. Semoga, ga ada yang nanya-nanya deh!

-Just a note-

dari FB TH

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *